Cara Mendapatkan Kualitas Suara Bioskop di Ruang Keluarga Anda

Cara Mendapatkan Kualitas Suara Bioskop di Ruang Keluarga Anda

Di halaman depan setiap majalah yang mengkilap kita semua telah melihat gambar ruang tamu yang ramping dan minimalis, penuh dengan permukaan reflektif dan berkilau dan dengan layar TV panel datar yang sangat besar berpusat di dinding. Tirai tipis berbisik-bisik berembus tertiup angin saat sinar matahari bermain di atas perabotan putih mengkilap dan lantai laminasi. Ini adalah penampilan yang kami cita-citakan di rumah kami sendiri, bukan

Info : Sewa Sound System Jakarta

Sekarang bayangkan Anda pergi makan malam romantis. Anda telah berhasil mendapatkan meja di restoran mewah yang merupakan yang terbaru di kota dan di mana semua orang ingin dilihat. Bayangkan gangguan Anda ketika alih-alih bergumam dengan lembut kepada pasangan Anda di seberang meja, Anda terpaksa menaikkan suara Anda agar didengar di atas suara berisik di sekitarnya. Saat itulah Anda memperhatikan lantai dan meja kayu, kurangnya tirai di jendela restoran, cermin di dinding yang dicat …

Sekarang, Anda mungkin sudah memiliki petunjuk tentang ke mana saya menuju dengan semua ini! Faktanya adalah bahwa permukaan yang keras adalah berita buruk untuk suara yang bagus. Contoh restoran di atas menggambarkan dengan sempurna bagaimana suara memantul dari permukaan yang keras, menciptakan volume dan resonansi yang tidak menarik. Ekstrapolasi ini ke gambar kita tentang ruang tamu ‘ideal’ yang sering digambarkan dalam majalah-majalah mengkilap dan kita dapat melihat bahwa tampilan minimalis ini, dengan banyak permukaan keras, tidak akan tampak begitu diinginkan begitu suara surround dinyalakan!

Jadi bagaimana kita bisa memaksimalkan kualitas suara yang dapat dicapai dari peralatan bioskop rumah yang ada di ruang tamu modern kita Tidak masalah apakah kita memiliki soundbar, set lengkap speaker Dolby 5.1, atau hanya suara yang dihasilkan oleh set TV, ada banyak yang dapat dilakukan hanya dengan mengatur ruang tamu dengan benar, dan dengan minimal jika pengeluaran apa pun.

Pertama, jika Anda memiliki lantai keras di ruang tamu Anda, ini umumnya merupakan berita buruk untuk suara! Namun dengan menempatkan karpet berbulu besar sekitar setengah jalan di antara speaker depan sistem Anda, dan posisi tempat duduk Anda, Anda memberikan ‘tikar penyerapan’ sehingga memberikan kualitas yang lebih bersih untuk suara apa pun yang diproyeksikan ke bawah dari speaker Anda. Subwoofer (pengeras suara bass) tidak boleh diletakkan di lantai yang keras karena dapat menyebabkan booming yang akan membanjiri kehalusan nada bass, jadi jika Anda memiliki lantai yang keras maka coba posisikan pada selembar karpet.

Di bioskop lokal Anda di mana suara surround biasanya cukup mengesankan, Anda mungkin memperhatikan bahwa dindingnya sangat dibatasi. Jika tidak, alih-alih akan ditutupi dengan lapisan akustik non-datar khusus. Ini akan terlalu mahal bagi kebanyakan dari kita untuk mempertimbangkan ruang keluarga kita, tetapi dengan memiliki tirai berjajar berkualitas baik di jendela yang Anda tutup saat menggunakan suara surround, ini akan sangat mengurangi gema. Tentu saja sebagian besar dari kita tidak ingin menggantung tirai di dinding juga, seperti di bioskop, tetapi untuk area dinding yang besar menempatkan furnitur seperti rak buku besar akan membantu meredakan dan memecah suara. Sebagai alternatif, menggantung permadani besar atau kanvas, terutama di dinding belakang dapat mengurangi gema suara dan gangguan lain, suara beresonansi yang mengganggu. Panel berlapis sangat menarik juga dapat dibuat dan digantung untuk memberikan sentuhan dekoratif Anda sendiri untuk apa yang pada dasarnya adalah peredam suara.

Hanya dengan menambahkan beberapa sentuhan soft furnishing di tempat yang tepat di ruang keluarga kami sendiri, kami dapat meningkatkan kualitas suara bahkan dari sistem suara yang paling dasar sekalipun. Manfaat tambahan adalah bahwa kita masih bisa menjaga ‘tampilan bersih’ minimalis ke ruang rumah kita dengan memahami bagaimana berbagai permukaan mempengaruhi dan memodifikasi gelombang suara. Campuran permukaan ‘serapan’ (gorden, permadani, dll) dan permukaan ‘difusi’ (rak buku, unit dinding, dll.) Akan membuat perbedaan, dan keindahan dari solusi ini adalah Anda dapat memindahkan dan mengubah posisi sebagian besar saran ini sampai Anda menemukan campuran yang tepat untuk kamar Anda. Silakan dan coba di rumah Anda!

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*