Butuh Informasi Wisata Antimainstream? Datang Saja ke Pulau Weh                               

Anda yang tengah mencari destinasi wisata di Indonesia tidak perlu takut kekurangan. Pasalnya, dari Sabang sampai Merauke, negara ini memiliki beragam pesona wisata yang komplit. Salah satu pesona wisata yang harus Anda ketahui adalah Pulau Weh. Di pulau dimana kota paling ujung barat Indonesia yang bernama Sabang ini berada, terdapat banyak destinasi menarik. Ingin tahu informasi tempat wisata ini? Yuk, langsung saja disimak.

Lokasi Wisata

Berbicara mengenai lokasi wisata satu ini, Anda mungkin akan langsung mengenal ungkapan “dari Sabang sampai Merauke”. Pasalnya, pulau ini letaknya lebih ujung lagi dari Nangroe Aceh Darussalam atau sekitar 32 km. Dengan kata lain, Pulau yang masuk dalam Kecamatan Sukakarya, Sabang, NAD ini merupakan pulau yang letaknya di paling barat Indonesia. Lantaran merupakan pulau dimana Kota Sabang berada, maka orang-orang sering menyebut pulau ini dengan nama Pulau Sabang.

Untuk ke pulau ini, Anda bisa menggunakan jalur udara, darat, dan laut. Pertama, langsung terbang dari kota Anda ke Bandara Sultan Iskandar Muda di Aceh. Kemudian, Anda harus menyeberang ke Pulau Weh dari Pelabuhan Ulee Lheue dengan perjalanan sekitar 2 jam lamanya. Perhatikan jadwal keberangkatan kapal Fery dan menyeberang menuju pelabuhan di pulau ini.

Daya Tarik Wisata

Sejak dahulu, bahkan sejak sebelum Pulau Weh terpisah dari Pulau Sumatera akibat letusan gunung berapi, Pulau ini sebenarnya sudah dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa. Tidak hanya turis dalam negeri, turis mancanegara sendiri pun sudah mendengar tentang keindahan Pulau ini sehingga banyak yang melancong kesana.

Ada beberapa keindahan Taman Laut Pulau Weh yang pasti membuat Anda gagal move on, move on, yakni aneka ragam spesies ikan, berbagai macam bentuk dan warna terumbu karang, hingga gugusan terumbu karang. Sebut saja Karang Lupas, Karang Kerupuk, dan Karang Rusa. Keindahan bawah laut ini semakin dipercantik dengan adanya Tugu Nol Kilometer dan gua-gua alam sehingga Pulau ini dijuluki juga sebagai Golden Island.

Terakhir, bermacam-macam aktivitas yang bisa Anda lakukan disini adalah surfing, memancing, berenang, snorkeling, diving, hingga menjelajah pulau dengan perahu. Sebagai rekomendasi, spot terbaik untuk melakukan kegiatan tersebut ada di Pantai Rubiah, Pantai Iboih, dan Pantai Gapang.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*